Top Menu

HOME        DAFTAR HARGA        ONGKOS KIRIM        BUKTI PENGIRIMAN & TERTIMONI

Kamis, 21 Juni 2012

Vacutainer Sebagai Alternatif Pengambilan Darah Selain Spuit

Vacutainer Vacubest
Vacutainer adalah alat kesehatan yang berupa tabung steril yang terbuat dari kaca atau plastik steril yang berfungsi untuk menarik atau mengambil darah. Tabung ini dikondisikan kedap udara supaya bisa menarik atau menyedot cairan yang akan diambil seperti darah. Kemudian darah akan mengalir masuk ke dalam tabung dan berhenti mengalir ketika sejumlah volume tertentu telah tercapai. Keuntungan mengambil darah dengan vacutainer ini dibandingkan dengan spuit adalah sebagai berikut:
  • Tak perlu membagi-bagi sampel darah ke dalam beberapa tabung. 
  • Cukup sekali penusukan, dapat digunakan untuk beberapa tabung secara bergantian sesuai dengan jenis tes yang diperlukan. 
  • Untuk keperluan tes biakan kuman, cara ini juga lebih bagus karena darah pasien langsung dapat mengalir masuk ke dalam tabung yang berisi media biakan kuman. Jadi, kemungkinan kontaminasi selama pemindahan sampel pada pengambilan dengan cara manual (spuit) dapat dihindari.
Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai saat jarum dilepaskan sebelum tabung vakum terisi penuh sehingga mengakibatkan masukknya udara ke dalam tabung dan merusak sel darah merah. Vakum ini pertama kali dipasarkan oleh perusahaan AS BD (Becton-Dickinson) di bawah nama dagang Vacutainer. Vacutrainer yang paling populer digunakan adalah  Vacutainer Vacubest. Masing-masing warna cap (tutup) vacutainet vacubest mempunyai kegunaan masing-masing.

Vacutainer Vacubest Red cap, Clot Activator 3 ml      
Vacutainer Vacubest Red cap, Clot Activator 6 ml       
Vacutainer Vacubest Yellow cap, SST W/Gel 4 ml       
Vacutainer Vacubest Purple cap, K3 EDTA 3 ml   
Vacutainer Vacubest Purple cap, K3 EDTA 2 ml   
Vacubest Purple cap, K3 EDTA 3ml NonVacum   
Vacubest Purple cap, K3 EDTA 5ml Non Vacum

Penggunaan peralatan kesehatan Vacutainer Vacubest sangat sering digunakan di laboratorium, sehingga tidak perlu diragukan lagi kehandalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar