Top Menu

HOME        DAFTAR HARGA        ONGKOS KIRIM        BUKTI PENGIRIMAN & TERTIMONI

Senin, 18 Juni 2012

Handscoen Atau Sarung Tangan Sebagai Alat Kesehatan Disposable

Handscone atau sarung tangan merupakan salah satu alat kesehatan disposable yang digunakan oleh paramedis untuk mencegah penularan penyakit. Idealnya handscoen ini digunakan sebagai berikut:
  • Sebelum terjadi kontak tangan pemeriksa dengan darah, selaput lendir, cairan tubuh, atau kulit yang terluka.
  • Sebelum melakukan tindakan medik infasif (mengambil sampel darah, pemasangan IVFD).
  • Sebelum membersihkan sampah terkontaminasi, atau memegang permukaan yang terkontaminasi.
Seharusnya sarung tangan atau handscoen ini hanya digunakan sekali saja, tidak digunakan berulang-ulang. Adapun yang masih menggunakan sarung tangan ini berulang-ulang dengan dicuci terlebih dahulu sangatlah beresiko. Karena proses pencucian atau sterelisasi kadang tidak dilakukan dengan benar. Cara mensterilkan yang benar diantaranya adalah sebagai berikut:
  • didekontaminasi dalam larutan klorin 0,5% selama 10 menit
  • dicuci dan dikeringkan
  • disterilisasi dengan otoklaf atau didesinfeksi tingkat tinggi (dengan mengukus)
Jika tidak dilakukan seperti itu, sebaiknya jangan digunakan berulang-ulang karena sangat beresiko. Saya sangat menganjurkan sarung tangan ini digunakan satu kali saja. Bahan alat kesehatan ini bisa terbuat dari bahan vinil, latex, dan nitril. Penentuan bahan sarung tangan apa yang terbaik untuk pemeriksaan tergantung pada tingkat resiko tubuh terinfeksi (resiko rendah atau tinggi), lamanya tindakan, dan kemungkinan alergi terhadap lateks atau nitril.
Sarung tangan yang sudah teruji dan populer digunakan diantaranya adalah dari merk  Sensi Gloves. Sarung tangan ini terdiri dari dua jenis berdasarkan keseterilannya yaitu:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar